Posted by : Budi Haryono Rabu, 16 Desember 2015

Artikel ini ialah ceritaku waktu berwisata ke Pulau Tidung, sebuah pengalaman yang mungkin bisa menolong anda mendapatkan penjelasan soal hal-hal yang berhubungan dengan Pulau Tidung. Liburan adalah kesempatan yang efektif buat saya yng selama ini jenuh dg aktivitas pekerjaan yg tidak pernah berganti. Disamping itu berwisata juga bisa difungsikan sebagai waktu berkumpul bersama dengan keluarga dan mempertahankan kekerabatan yg selama ini gak pernah berkumpul sebab aktivitas tsbt.

Bertraveling bukanlah sekedar hal yang mirip dengan bersenang-senang, berwisata tentu menyuguhkan banyak sekali faedah untuk kita. Budget wisata dengan nilai yang sangat murah lalu di tunjang fasilitas yang siap mewah dan mengasyikan pastinya hanya akan kalian terima bila kita rekreasi ke Pulau Tidung doang. Wisata Pulau Tidung pastinya satu pulau yang eksotis dengan panorama yng natural & sangat khas memiliki central pariwisata yng dinamakan dgn jembatan cintanya serta pantainya yang bagus dan sangat boleh dinikmati oleh semua masyarakat mana lagi anak remaja.

Wisata Pulau Tidung


Pulau Tidung
Keperluan untuk mengenal seluruh lokasi untuk berwisata yang berada di Indoneisa begitu tinggi, Terlebih berkaitan dg kawasan wisata yng cukup eksotis dan unik untuk disinggahi. Pada tanggal 27 Juli belum lama ini aku mendapatkan tiket rekreasi buat berwisata ke salahsatu pulau yng pastinya terdapat di gugusan pulau Seribu, bersama-sama 16 orang kawan. Pulau yg hoki menerima kedatanganku kali ini yakni Pulau Tidung bukan Pulau Pari, Pulau Harapan apalagi Pulau Pramuka.

Pulau Tidung adalah pulau yng paling besar di antara perairan Kepulauan Seribu. Pulau yg tengah kita diskusikan ini telah didiami penduduk sejak jaman penjajahan. Bilamana kita simak dari cerita sejarah, nama Pulau Tidung mengandung arti tuk menjadi pulau tempat berlindung.

Untuk tiba di pulau Tidung ataupun kawasan traveling lain, kalian wajib memakai tiket pariwisata ke Pulau Tidung yg boleh kamu pesan via agent perjalanan rekreasi di Pulau Tidung. Selain jual paket Pulau Tidung pada umumnya para agen travel di Pulau Seribu itu, pun menyediakan paket Pulau Pari, Paket Pulau Pramuka dan Paket Pulau Harapan. Bilamana kamu sudah memiliki tiket wisata ke Pulau Tidung maka kita cuma mengunjungi lokasi keberangkatan saja dan Seharusnya penumpang datang lebih pagi manalagi pada hari Jumat, mengingat bila kapal sudah sesak maka kapal akan segera membawa traveler ke Pulau Tidung.

Tiba disitu para traveler langsung duguide ke homestay, Penginapan di Pulau Tidung hampir seluruhnya berupa bangunan baru yang terawat umumnya seluruh homestay di Pulau Tidung itu berisi 2 kamar.

Aktivitas Wisata di Pulau Tidung


Semua traveler Pulau Tidung pastinya memulai aktivitasnya dengan mengayuh sepeda santai menuju ke arah timur. Di bagian timur tempat wisata itu terdapat pulau lain yang dinamai dengan Pulau Tidung Kecil. Sekarang kedua pulau itu disambungkan memakai sebuah jembatan yg terbuat dari kayu yng sangat khas, jembatan ini diberi nama Jembatan Cinta. Menurut ungkapan warga disana katanya kalau kamu datang ke jembatan tersebut bersama-sama pacar maka perjalanan kisah asamara kita bisa langgeng.

Di Pulau Tidung ini masyarakat berkesempatan berjalan diatas jembatan cinta itu sembari memandang air laut yng bersih yg dihiasi dengan teterumbu karang2 juga ikan yg warnanya amat beragam atau para tamu wisata dapat jg melihat pengunjung yng yang lain yang tengah menyewa banana boat dan atau menguji keberanian tuk meloncat kedalam air. Menurut cerita penduduk disana mereka mengungkapkan bahwa Panjang jembatan cinta Pulau Tidung tersebut yaitu lebih dari 2 KM. Di sisi kanan kiri jembatan dibangun beberapa perangkap ikan yng dibuat oleh warga disini. Andaikata tamu wisata berjalan melalui Pulau Tidung Besar memakai jembatan ini, bisa menghabiskan waktu sekitar 22 menit tuk sampai di Pulau Tidung kecil. Ketika saya kesana saya lihat di beberapa sisi, jembatan ada renovasi pada jembatan, mengingat usia jembatan yang mulai tua sampai-sampai ada yg pecah & bolong, maka tidak heran andai traveler musti berhati-hati ketika melewatinya. Pulau Tidung Kecil nggak dihuni, disini anda sekedar dapat melihat pemandangan tepi pesisir.

Tengah hari saya diajak tuk melaksanakan aktivitas scubadiving. Kegiatan inilah agenda yg amat di tunggu2 oleh seluruh pengunjung yg berkunjung ke Pulau Tidung tetapi ternyata fitur wisata snorkeling ini terlalu terpengaruh oleh aspek cuaca nah kalau pd kala itu alam lagi hujan dan atau sedang ada angin barat maka jadwal snorkeling tersebut di cancel guna menjaga keselamatan jiwa wisatawan kesemuanya.

Jika kamu dan rekan anda kesemuanya bertanya apa yang teristimewa di Pulau Tidung maka jawaban saya yaitu kalau Air laut di Pulau Tidung ini sangat jernih lalu walau tak terlalu panjang, di tempat rekreasi itu pun ada pantai yang cukup eksotis untuk pandangi. Air laut yg tenang beserta beberapa pepohonan yg tumbuh disekitarnya menambah keeksotisan pulau tersebut. Di Pulau Tidung pun kalian bisa menyaksikan sunrise dan matahari tenggelam yng unik tiap harinya. Begitu pula daya tarik yang ada di dalam laut berbentuk terumbu karang buat dinikmati.

Sewaktu malam harinya rombongan saya diajak tuk bbq disisi dermaga bertemu dengan pengunjung yg lainnya, menu waktu itu adalah ikan laut yang sebutannya lumayan tak pernah didengar.

Biarpun secara khusus bila Pulau Tidung itu bukan 100% sebagai pulau untuk berwisata, tetapi pulau ini begitu nyaman untuk digunakan sebagai obyek berlibur tuk orang-orang yg mungkin kepengen menikmati suasana pulau dgn biaya yg sangatlah terjangkau. Dengan membayar paket pariwisata semisal paket Pulau Tidung, Paket Pulau Pari, Paket Pulau Harapan dan Paket Pulau Pramuka yang biayanya sekitar 420.000 masyarakat mampu bermalam di kawasan wisata ini selama 2d1n dgn fitur pariwisata yang memadai. Setiap pengunjung mendapat tempat beristirahat yg cukup bersih & juga sepeda buat menjadi moda transportasi Sepanjang berada di Pulau Tidung. Bila gak bisa naik sepeda, wisatawan boleh menggunakan jasa bentor dan boleh pula menyewa sepeda motor dengan budget 35 ribu selama 2 hari menginap di Pulau Tidung.

Di tempat traveling ini pun bisa dinikmati oleh masyarakat yang senang memancing. Pengunjung bisa memancing di dermaga dan atau di jembatan secara menyewa kapal penduduk.

Di area pariwisata ini telah tersedia penginapan yang dibangun. Apabila tempat menginap yang tersedia full, wisatawan dapat menumpang di kediaman nelayan. Buat memperoleh makanan ataupun sebatas makanan ringan pun sangatlah tak susah karena di Kepulauan Tidung itu saat ini telah marak di sediakan warung disepanjang jalan.

Kalau anda pengen mengitari tempat tinggal di Pulau Tidung para wisatawan Cukup menggunakan sepeda tuk menjelajah Pulau Tidung. Menurut planing pulau ini ingin diproyeksikan menjadi pusat pariwisata di pulau Seribu.

Andaikata kalian punya waktu banyak maka sangatlah saya rekomendasikan agar para pembaca seluruhnya berpelesiran ke Pulau Tidung baik dengan secara membeli paket wisata ke Pulau Tidung ataupun jalan-jalan ke Pulau Tidung dengan cara backpacker.

Leave a Reply

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Post

Archive

Category

- Copyright © Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -